6 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Metro kota news
Pandan merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Sri Lanka. Tanaman yang memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius ini, tingginya bisa mencapai 1-2 meter. Di samping itu, pandan juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri, pandan biasa tumbuh subur di pekarangan rumah atau di tepi-tepi selokan. Daun pandan juga sering digunakan oleh masyarakat sebagai pewangi atau bumbu dalam membuat aneka menu makanan dan minuman.
Lantas, apa saja manfaat air rebusan daun pandan untuk kesehatan? Simak ulasannya.

Mengatasi Insomnia. Bagi Anda yang memiliki gangguan kesulitan tidur, sebaiknya rutin mengonsumsi air rebusan daun pandan. Pasalnya, daun pandan memiliki kandungan tannin yang berfungsi efektif menenangkan saraf. Sehingga hal ini dapat membantu proses relaksasi dalam tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

Mengatasi Diabetes. Manfaat air rebusan daun pandan yang tidak kalah pentingnya yaitu mengatasi diabetes. Penyakit yang juga disebut kencing manis ini merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula darah. Diabetes jika tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan komplikasi hingga menyebabkan kematian.

Hal ini karena ekstrak daun pandan berperan penting dalam meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas, sehidapat ngga secara efektif mencegah penyakit diabetes.

Mencegah Kanker. Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, sejak dini harus dilakukan upaya pencegahan. Salah satu cara paling mudah mencegah penyakit kanker ialah mengonsumsi air rebusan daun pandan.

Daun pandan memiliki efek antimitotic, apoptosis, dan sitotoksik yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan ini bisa berfungsi efektif dalam membantu pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Gangguan Stres. Manfaat air rebusan daun pandan lainnya adalah mencegah gangguan stres. Terkadang tuntutan pekerjaan dan padatnya rutinitas sehari-hari dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Menurunkan Tekanan Darah. Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tinggi ini. Apabila tidak segera diatasi, maka

hipertensi dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan stroke. Salah satu cara yang efektif mengatasi penyakit hipertensi ialah mengonsumsi air rebusan daun pandan.
Mencegah Rambut Rontok

rambut rontok. Selain memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, air rebusan daun pandan juga berfungsi efektif menjaga kesehatan rambut. Kandungan nutrisi pada daun pandan dapat membantu melembapkan rambut, sehingga rambut akan tampak lebih kuat dan terhindar dari kerontokan.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pandan ini caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal menumbuk daun pandan hingga lembut, kemudian oleskan ke kulit kepala hingga rata. Menggunakan daun pandan secara rutin dan teratur, sangat membantu menjaga kesehatan rambut.
Dilansir Dari merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Sharing informasi ini.