13/04/2021

Beda ! Ketoprak Mas Bro

Bogor, metrokota.net-Sebagian orang meyakini ketoprak menjadi salah satu makanan khas Betawi, suku mayoritas warga Jakarta. Namun ada juga yang menyebut makanan ketoprak berasal dari daerah Cirebon.

Pendapat lain mengatakan, ketoprak justru berasal dari Jawa Tengah.Darimanapun asal ketoprak namun makanan satu ini justru banyak digemari kalangan bawah menengah bahkan kalangan ataspun banyak yang memilih ketoprak menjadi makanan Favoritnya.

Sebut saja Yogi(25) Pedagang ketoprak yang biasa mangkal di jalan Al azhar kabupaten Bogor. memiliki ciri khas tersendiri dari cara penyajian hingga Mengulek bumbu kacang di piringnya.

Ketoprak sering diartikan sebagai singkatan dari ketupat, toge yang digeprak. Jika dilihat dari cara penyajian singkatan tersebut bisa saja berarti benar.

Peralatan masak yang dimiliki oleh setiap pedagang ketoprak pun memiliki ciri khas tersendiri, dimana terdapat panci stainless lengkap bersama kompor yang diletakan pada ujung gerobak, ulekan untuk menghaluskan bumbu kacang, bawang putih dan gula merah menjadi satu dan tidak lupa pula kaleng biskuit bekas yang dijadikan sebagai wadah penyimpanan kerupuk, entah darimana asal penggunaan alat – alat tersebut berasal, tetapi hal tersebut masih dijadikan sebagai ciri dari sebuah pedagang ketoprak keliling untuk berjualan.

“Ketoprak Mas bro berdiri pertama kali pada tahun 2015, didirikan oleh Yogi bersama istrinya. Sebelum berjualan Ketoprak Mas bro sepasang suami istri ini pernah berjualan keliling layaknya pedagang ketoprak pada umumnya.

Setelah beberapa tahun berjualan keliling Yogi beserta istri memutuskan untuk berjualan menetap di sebuah tempat, yang hingga kini dikenal sebagai Ketoprak Mas bro.” Ujar Yogi saya menutup wawancara Bersama wartawan metrokota.net

error

Sharing informasi ini.