Berziarah Ke Makam Mbah Djuber

Bogor, metro kota news
Indonesia tidak hanya memiliki beberapa tempat menarik dan indah. Namun juga memiliki tempat yang terkenal dengan nuansa angker karena bangunannya sudah tua, atau terdapat makam-makam keramat yang menjadi saksi sejarah dari tempat tersebut.

Belum lagi legenda-legenda terbentuknya sebuah kawasan yang banyak disinyalir “ada penunggunya” terutama daerah Kota Bogor ini.

Dalam cerita sejarah berkembangnya agama Islam didaerah Cilebut, Karadenan, Bojong Gede, Citayam, ada banyak tokoh sesepuh atau kyai ataupun alim ulama yg sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam di wilayah tersebut, salah satu nya adalah Raden Djuber bin Raden Asmawijaya, atau yg lebih dikenal dengan sebutan “Mbah Juber”.

Makam nya terletak di Kp. Babakan, Desa Karadenan, kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sampai saat ini pun, masih banyak para peziarah yang rutin berkunjung ke makam keramat tersebut, baik dari wilayah Bogor dan sekitarnya, maupun para peziarah dari luar kota.

dari luar kota.

Kisah singkat riwayat Mbah Djuber, diceritakan langsung kepada kami tim Jurnalis metro kota news, oleh salah seorang warga setempat yg menjadi juru kunci di makam keramat tersebut.

Selain berdakwah dan menyebarkan agama Islam, Mbah Juber juga lah yg mulai membuka lahan pemukiman penduduk di Kp. Babakan Karadenan, sehingga masih banyak penduduk asli yg merupakan cucu buyut dari Mbah Juber.

“Amanat dari penduduk setempat, mereka tidak mengizinkan bagi siapapun yg berziarah,agar tidak melakukan ritual2 sesat yang mengandung syirik dan kemusyrikan. Cukup bertawasul saja dan berziarah pada umum nya, “. Ujar pak Herwanih salah satu juru kunci makam mbah juber.

Mereka tetap menjaga karomah dan jasa dari Raden Djuber bin Raden Asmawijaya dalam menyebarkan agama Islam didaerah tersebut, dan tidak terlupakan sampai suatu saat nanti.(UCE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.