13/04/2021

Enam Mahasiswa Agroteknologi Universitas Siliwangi Kunjung BB Biogen Untuk Menggali Wawasan

Metro Kota,Bogor

Enam Mahasiswi Agroteknologi Universitas Siliwangi Tasikmalaya mengunjungi Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor, Kamis (4/3/2021). Kunjungan ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang instansi yang menggawangi penelitian berbasis bioteknologi dan sumber daya genetik (SDG) ini.

Diawal kunjungan, para mahasiswi semester enam ini dikenalkan dengan empat kelompok peneliti yang terdapat di BB Biogen beserta tugas-tugasnya. Dilanjutkan dengan perkenalan sejumlah varietas unggul baru dan teknologi yang telah dihasilkan, sepert varietas unggul tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, hingga calon varietas pakan ternak. Mahasiswa juga dikenalkan teknologi kultur jaringan, feromon, kit deteksi kegenjahan aren, kit deteksi benih sawit dan kit deteksi kebuntingan sapi.

Tak cukup pengenalan di dalam ruangan, para mahasiswi juga diajak melihat fasilitas Bank Gen Pertanian yang menjadi salah satu fasilitas penyimpanan sumber daya genetik (SDG) terbesar di Indonesia.

Di sini mereka dapat menyaksikan sebagian dari total lebih dari 11 ribu aksesi SDG yang dikonservasi dalam ruang penyimpanan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Meli, salah satu mahasiswi menyebut bank gen merupakan sesuatu yang baru. Karena sejak menjadi mahasiswa di Fakultas Pertanian, ia dan teman-temannya belum mengetahui keberadaan bank gen.

“Baru tahu kalau ada benih yang bisa disimpan hingga puluhan tahun di tempat seperti itu (lemari penyimpanan jangka panjang), dan kami ucapkan terimakasih telah menunjukkannya secara langsung kepada kami,” ungkap Meli.

Dari bank gen, para mahasiswi yang saat ini tengah menjalani magang di Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura ini menyambangi Kelompok Peneliti Biologi Molekuler. Di sana mereka mendapat penjelasan mengenai perakitan varietas unggul baru secara molekuler oleh Peneliti Dr. Toto Hadiarto. (AB)

error

Sharing informasi ini.