Futsal Jadikan Olahraga Kekinian Bagi Para Remaja

Metro kota news
Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Dalam latihan bermain futsal tidaklah mudah, harus memiliki rasa kemauan yang kuat dan juga rasa percaya diri yang tinggi serta kekuatan yang sangat seimbang agar tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan. Terutama pada orang yang baru belajar dari nol tanpa memiliki skill. Di dalam permainan ini harus memerlukan sedikit keseimbangan dan kelenturan untuk mempertahankan bola dari lawan, yang terpenting dalam permainan ini adalah bekerja sama dalam satu tim

Selain itu sebelum latihan di mulai hendaknya melakukan Streching (pemanasan) terlebih dahulu. Streching bermanfaat untuk memperbaiki kerja susunan saraf, membuat postur tubuh lebih baik,memperlancar sistem peredaran darah, melenturkan tubuh, mengurangi stress dan mengurangi risiko cedera waktu berolahraga.

susunan saraf, membuat postur tubuh lebih baik,memperlancar sistem peredaran darah, melenturkan tubuh, mengurangi stress dan mengurangi risiko cedera waktu berolahraga.

Futsal tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga sangat penting untuk melatih otak dalam berfikir untuk menemukan strategi yang baik dalam mengalahkan tim lawan. Selain itu bermain futsal juga melatih agar lebih bekerja keras dan bekerja sama dalam sebuah tim.

Peraturan permainan futsal :

  1. Ukuran: panjang 25-43 m x lebar 15-25 m
  2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang
  4. Titik penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  5. Titik penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
  6. Zona pergantian: daerah 5 m (5 m dari garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  1. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  2. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Ukuran bola :
1.Keliling: 62-64 cm
2.Berat: 0,4 – 0,44 kg
3.Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
4.Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan tak berbahaya)
Jumlah pemain (per tim) :

1.Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
2.Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)
3.Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
4.Jumlah wasit: 2
5.Jumlah hakim garis: 0
6.Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
7.Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
8.Dan wasit pun tidak boleh menginjak arena lapangan , hanya boleh di luar garis lapangan saja , terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang harus memasuki lapangan

Futsal bisa dimainkan oleh semua kalangan baik tua, muda, usia dini. Tidak hanya laki-laki saja yang memainkan olahraga futsal ini, perempuan pun sudah ada ketertarikan sendiri untuk memainkan olahraga ini.(MTA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.