Jelang Magrib Ribuan Kelelawar KRB Kemana Rimbanya?

Bogor, metro kota news
Seperti biasa, sore hari itu kemacetan kendaraan di sekeliling Kebun Raya Bogor padat merayap. Pemandangan seperti ini sudah menjadi hal yang biasa di jam sibuk hingga waktu menjelang malam tiba.

Puluhan hingga ratusan kendaraan roda empat dan roda dua memadati jalan raya utama yang memang sudah lama menggunakan sistem satu arah.

Andriansyah (42) yang merupakan pribumi di daerah Babakan Peundeuy, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor menuturkan kepada kami tim redaksi bahwa banyak sekali kelelawar yang jumlahnya sampai ribuan yang mulai keluar dari sarangnya pada tahun 90-an tetapi, sekarang ini hilang entah kemana.

“ Dulu sekitar tahun 90-an, jika waktu sore menjelang malam, banyak sekali kelelawar yang jumlah nya ratusan bahkan sampai ribuan, mulai keluar dari sarang nya masing- masing. Dan itu sudah menjadi ciri khas tersendiri di sekitaran Kebun Raya Bogor, ” tutur Andriansyah.

Namun sudah beberapa tahun belakangan ini, pemandangan seperti itu sudah tidak ada lagi. Banyak sekali masyarakat yang tempat tinggalnya tak jauh dari lokasi Kebun Raya Bogor bertanya-tanya, entah kemana rimbanya kumpulan kelelawar tersebut.

Sebagian masyarakat, mereka berpendapat jika ratusan ekor kelelawar tersebut mulai berpindah tempat ke gunung-gunung. Ada juga yg menyebutkan bahwa kumpulan kelelawar dari Kebun Raya Bogor tersebut telah berpindah tempat membuat sarang- sarang yang baru, disekitaran gunung Salak Jawa Barat. (DAUD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.