Manfaat Meditasi Untuk Batiniah Dan Jasmani

Bogor, metro kota news
Meditasi atau bisa juga disebut semedi atau bertapa, adalah perilaku konsentrasi berdiam diri dalam posisi tertentu, pada umum nya posisi duduk bersila atau bersimpuh. Dengan jangka waktu yang bervariasi yang bertujuan untuk meningkatkan pribadi menjadi lebih baik.

Menurut kang Deni (44), yang merupakan guru atau pelatih dari salah satu perguruan olah pernafasan di Bogor. Meditasi berguna sebagai penyelarasan antara tubuh dan rasa.

Menghilangkan stress atau depresi, menciptakan ketenangan bathin, mempertajam daya ingat, fokus, dan menimbulkan rasa bahagia.

“selain itu, manfaat lain dari meditasi adalah meningkatkan kejernihan pikiran, melancarkan sirkulasi darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, ” kata kang Deni.

Kemudian beliau menambahkan, semua itu dilakukan secukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Karena jika terlalu dipaksakan, dikhawatirkan malah timbul efek negatif dari meditasi tersebut. Seperti rasa bosan dan jenuh, hilang konsentrasi, dan kaku pada otot karena memaksakan posisi tubuh hanya pada 1 posisi.

” bijaksana lah dalam menyikapi berbagai hal, dan jangan terlalu berlebihan. Segala hal yang positif hasil nya akan baik jika kita melakukan nya dengan benar, ” ujarnya.

Jika dilihat dari cara, fungsi dan makna, aktivitas meditasi memiliki banyak variasi dan jenis nya.

Namun, pada umum nya meditasi mengandalkan kekuatan bathin dan pikiran, serta energi halus didalam tubuh, yang mampu mengobati gangguan- gangguan emosional didalam bathin maupun jasmani. (DAUD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Sharing informasi ini.