13/04/2021

Mengenal Sanggar Tari Gandes Pamantes

Bogor, metrokota.net-Kalau kamu sudah pernah berkunjung ke hutan cifor menikmati indahnya hutan buatan, kalian wajib mampir ke salah satu sanggar tari yang masih berdiri hingga saat ini walaupun di masa pandemi covid19.

Namun tetap harus melakukan protokol kesehatan untuk para penari, seperti selalu di sterilkan menggunakan disinfektan dan sebelum masuk sanggar di wajibkan menggunakan masker serta mencuci tangan.

Sanggar Tari Gandes Pamantes didirikan pada tanggal 8 Desember 2007 di Kota Bogor, namun baru terdaftar tanggal 14 Juli 2008. Nama Gandes Pamantes berasal dari kata Gandes yaitu gadis atau wanita yang diambil dari bahasa Sunda.

Sedangkan Pamantes yaitu pantas yang diambil juga dari bahasa Sunda yang keseluruhannya itu memiliki arti bahwa gadis-gadis cantik yang selalu pantas dilihat dan menarik .

Pada awalnya Sanggar Tari Gandes Pamantes berakar dari seni tari tradisional. Dengan demikian sebagian besar pertunjukan mengunakan bahan baku dari perbendaharan kesenian Sunda yang kemudian dikembangkan dengan inspirasi dan inovasi dari Indi Febriyanti sebagai pendiri sanggar.

Secara umum “tradisional” bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang sesuai dengan tradisi serta kerangka pola-pola bentuk maupun penerapan yang selalu berulang. Sedangkan istilah mengembangkan lebih mempunyai konotasi kuantitatif dan kualitatif yang artinya membesarkan, meluaskan, namun juga harus berarti memperbanyak tersedianya kemungkinan-kemungkinan untuk mengolah dan memperbaharui wajah.

Suatu usaha yang mempunyai arti sebagai sarana untuk timbulnya pencapaian kualitatif. Dengan demikian Sanggar Tari Gandes Pamantes akan tetap mempertahankan kehadirannya dalam dunia pendidikan dan apresiasi seni tari tradisional

Indonesia serta pengembangannya melalui penataan pendidikan tari dan daya cipta kreatif yang mendalam serta sebagai sarana untuk mempertahankan keberanekaan dalam khasanah budaya nusantara.
Sanggar Tari Gandes Pamantes menyelenggarakan pengajaran tari nusantara. Pendidikan luar sekolah seni tari atau sanggar tari yang dilaksanakan oleh Sanggar Tari Gandes Pamantes secara holistik(menyeluruh) mulai dari pendidikan, penyelenggaran pertunjukan, make-up dan kostum.
Berikut prestasi yang telah diraih oleh sanggar tari ini:
Penyaji Terbaik Festival Kemasan Seni Pertunjukan Kota Bogor 2013
Penata Tari Terbaik Pasanggiri Tari Tingkat Jawa Barat 2014
Penyaji Terbaik Festival Kemasan Seni Pertunjukan Kota Bogor 2015
Penyaji Terbaik Pasanggiri Tari Tingkat Jawa Barat ISBI Bandung 2015
Best Performance in Dance and Drum Festival Kuala Lumpur Malaysia 2015
Penyaji Terbaik Festival Kemasan Seni Pertunjukan Kota Bogor 2017
Penyaji Terbaik Festival Tunggul Kawung Kota Bogor 2017
Penata Artistik Terbaik Festival Tunggul Kawung Kota Bogor 2018
Juara Umum Festival Tari Nusantara Rampak Remaja se-Jabodetabek 2018
Juara Pertama Festival Tari Tradisional Remaja Putri Kreatif se-Jabodetabek 2019
Penata Naskah Terbaik Festival Kemasan Seni Pertunjukan Kota Bogor 2019.


“untuk pendaftaran kami buka mulai dari anak-anak tk hingga dewasa, pendaftaran 370 ribu sudah termasuk pendaftaran, iuran perbulan, selndang, kaus seragam, dan korset, semua sudah di dapatkan dan bisa di bawa pulang, untuk latihan karena sedang pandemi itu yang awalnya hari minggu saja dengan seluruh penari, kali ini hanya sebagian hari Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu. Untuk hari Selasa dan Kamis libur”, ujar Sugeng salah satu pengelola sanggar ini,keponakan dari teh Indi(pencetus sanggar tari Gandes Pamantes) sekaligus menutup wawancara pada hari ini.(ADD)

error

Sharing informasi ini.