Pabrik Kerupuk Mie Kuning Rumahan

Bogor, metro kota news

Tumpukan plastik berisi kerupuk mie menjadi pemandangan yang sangat mudah ditemui di rumah Pak Andi. Andi, pemiliki pabrik kerupuk yang memproduksi kerupuk mie kuning dan kerupuk pink, yang berada di Karadenan, Kelurahan Karadenan, Kabupaten Bogor.

Usaha yang djalani Pak Andi ini merupakan usaha turun temurun dari keluarga nya sejak tahun 60-an. Kerupuk Pak Andi dijual dengan harga 15 ribu per kilogram. Biasanya pelanggan kerupuk Pak Andi mengambil sendiri ke pabrik nya langsung.

Tidak hanya daerah Bogor saja yang menjual kerupuk mie dan kerupuk pink Pak Andi, tetapi kerupuk ini pun sudah sampai ke daerah Jakarta. Dalam menjalani usaha nya ini, Pak Andi hanya mengalami kesulitan dalam hal pemasaran. 

“Dari pemasaran nya kurang, karena banyak yang bersaing” ujar Pak Andi.

Selama adanya pandemi usaha kerupuk Pak Andi mengalami penurunan hampir 50 persen. Banyak penjual yang menutup usaha nya dan akhirnya tidak membeli kerupuk ke pabrik Pak Andi.

Pak Andi dibantu oleh karyawan nya sebanyak 6 orang. Suka duka selama Pak Andi berjualan lebih banyak duka nya, namun karena Pak Andi hanya bisa mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Pak Andi selalu bersemangat dan menjalani nya dengan penuh rasa senang.

“Daripada kita diam, punya keahlian ini ya dijalankan saja” ujar kembali Pak Andi.

Tidak hanya melayani pembelian secara langsung, pabrik kerupuk Pak Andi juga menerima pesanan jika membeli dengan jumlah yang banyak. Harapan kedepan nya Pak Andi ingin usaha yang dilakoni nya ini berjalan secara lancar dan bisa berkembang lebih pesat lagi.(TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.