RSUD Bogor Harga Kompetitif Mutu Layanan Terjamin

Bogor, metro kota news

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah. Pelayanan kesehatan di rumah sakit ini secara umum tidak ada faktor penghambat, tetapi memang ada yang perlu pembenahan dari infrastruktur.

“Tahun depan akan membangun gedung blok 1 yang meliputi poli klinik sampai IGD” ujar Taufik Rahmat,S.sos selaku Kepala Sub Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUD Kota Bogor.

Selain dari pembenahan infrastruktur, RSUD Kota Bogor juga melakukan pembenahan pada sistem digital pelayanan, seperti pendaftaran. Tidak hanya kedua hal itu saja, tim IT juga sudah membangun kerja sama dengan vendor dalam layanan antar obat, seperti Halodoc, Gosend dll. Hal tersebut sedang di upayakan secara detail agar tingkat layanan kesehatan lebih baik.

“Harus ada inovasi dalam memanfaatkan teknologi, jadi kedepannya kita tidak lagi berkutat pada hal-hal yang bersifat fisik, seperti mengantri, penumpukan di unit-unit tertentu. Jadi, nanti serba digital, gampang, cepat sehingga dapat membantu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat” ujar Pak Taufik melanjutkan pembicaraan.

Prosedur untuk rawat inap sama hal nya dengan rumah sakit lain. Pertama pendaftaran melalui loket pendaftaran atau melalui pendaftaran online, selanjutnya pasien akan diarahkan oleh bagian pendaftaran.

Fasilitas yang tersedia di RSUD Kota Bogor sangat lengkap. Karena rumah sakit ini adalah rumah sakit tipe B, dimana mengarah kepada rumah sakit rujukan regional dan rumah sakit pendidikan. Infrastruktur pun selalu mengalami kenaikan.

“2019 akhir baru selesai pembangunan gedung blok 3, sekarang digunakan untuk ruang isolasi mandiri pasien Covid” ujar kembali Pak Taufik.

Poli klinik, ruang rawat inap, alat medis, dan tenaga medik pun sudah sangat cukup untuk memfasilitasi serta melayani masyarakat. Untuk biaya yang dikenakan di rumah sakit ini karena rumah sakit milik pemerintah, jadi berdasarkan peraturan pemerintah, wali kota, dan peraturan dari direktur.

“Yang jelas RSUD ini dari sisi tarif jauh lebih kompetitif dari yang lain dengan mutu layanan yang lebih bagus” ujar Pak Taufik.

Tidak hanya pelayanan fasilitas saja, pelayanan pengaduan jika ada pasien atau keluarga pasien yang mengalami ketidakpuasan dapat di respon dengan cepat dalam menindak lanjuti laporan atau aduan. Media yang digunakan berupa kotak saran yang diisi oleh pasien atau keluarga pasien dan ada juga media sosial serta website resmi RSUD Kota Bogor.

Selama 3 tahun terakhir ini RSUD Kota Bogor hampir tidk ada kesalahan kode etik yang sengaja atau tidak disengaja yang dilakukan oleh tenaga medis di rumah sakit. RSUD Kota Bogor mempunyai SOP yang sangat ketat dalam memberikan tindakan dan layanan kepada pasien sehingga dapat meminimalisirkan adanya kesalahan. Namun, mereka juga selalu ada upaya untuk menyelesaikan permasalahan pelayanan. Untuk pasien pengguna BPJS atau KIS juga mendapatkan perlakuan yang sama jika memang berkas nya lengkap.(ADD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.