Suara Misterius Tugu Lonceng Bogor

Bogor, metro kota news
Situs bersejarah Tugu Lonceng, yang terletak di kawasan Cilebut Barat kabupaten Bogor.

Dengan kondisi pilar bangunan yang sudah tak terawat dan mulai tergerus zaman, karena kurang nya perhatian dari pihak terkait. Meskipun dinamakan Tugu Lonceng, namun jangan harap jika kita sesekali berkunjung ke tempat tersebut, akan melihat genta atau lonceng nya. Karena sudah lama raib, hilang di curi dan tak diketahui keberadaan nya.

Konon kabarnya terdengar dari beberapa penduduk sekitar, ada nya sosok penampakan tinggi besar. Dengan sebutan Mbah Jabrik, yang merupakan penunggu di tempat itu. Dan juga sering terdengar seperti derap langkah kaki kuda, atau sosok Noni Belanda yg kadang kerap muncul di sekitar tugu tersebut pada malam hari.

” Kadang setiap tengah malam selalu muncul sosok bayangan tinggi besar yang katanya bernama Mbah Jabrik, dan juga adalagi sosok Noni Belanda di sekitaran tempat itu, ” Ujar Bu Omah salah satu warga sekitar.

Tugu Lonceng yang merupakan situs bersejarah ini, dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Yang pada masa itu masih banyak perkebunan karet di Cilebut Barat ini.

Bunyi lonceng pagi setiap hari menandakan di mulai nya apel pagi tentara Belanda dan para pegawai perkebunan karet tersebut.Setelah sekian lama lonceng itu di curi orang tak di kenal. Namun, sesekali waktu malam hari, kerap terdengar samar-samar suara lonceng yg berbunyi berkali-kali. Kondisi pilar yang tak terurus menandakan bahwa Tugu Lonceng tersebut tidak terawat dan butuh perhatian dari pihak-pihak terkait, untuk menjaga agar situs peninggalan bersejarah ini tidak hilang tergerus zaman. (DAUD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.