13/04/2021

Tepung Tapioka Andalan UMKM Desa Cijujung

Bogor, metrokota.net
Di Bogor ada salah satu desa yang belum diketahui oleh banyak orang, yaitu Desa Cijujung yang di kepalai oleh Bapak Wahyu Ardianto sebagai Kepala Desa. Pak Wahyu sudah menjabat menjadi Kepala Desa Cijujung selama 6 bulan. Desa ini terdiri dari 14 RW dan 82 RT.

Kegiatan saat ini di Desa Cijujung hanya untuk penanganan covid saja, jadi program desa pun belum bisa dijalankan. Infrastruktur di desa ini pun masih banyak yang harus diperbaiki.

Di desa ini sudah turun bantuan tahap ketiga. Kemarin pada saat bantuan Gubernur turun desa ini mendapatkan 186 bantuan Gubernur.

Sebenarnya tiap warga hanya mendapatkan satu kali bantuan saja, namun karena data dari bagian atas nya nama tersebut masih ada jadi pihak desa harus memberikan nya karena data tersebut tidak bisa diganti sendiri. Beda hal nya bantuan dari dana desa, itu bisa diganti datanya.

“contoh nya bantuan Presiden, bantuan itu sudah terdata jadi kita tidak bisa ganti dan memang harus diberikan sesuai dengan nama yang ada di dalam data” ujar Pak Wahyu.

Di desa ini menggunakan cara khusus untuk mengetahui warga yang sudah menerima bantuan dengan warga yang belum menerima bantuan. Cara yang dilakukan berupa pemasangan sticker di rumah yang sudah menerima bantuan. Hal itu dilakukan agar pihak desa dapat mendata secara merata. Sama hal nya dengan desa-desa lain, Desa Cijujung pun memiliki UMKM tersendiri yang menonjol yaitu tepung tapioka singkong. Tepung tapioka ini di produksi hampir diseluruh RW Desa Cijujung kecuali di daerah Perumahan.

Pak Wahyu mempunyai visi untuk menjadikan Desa Cijujung menjadi maju dan ingin menjadi desa yang mandiri. Harapan Bapak Wahyu Ardianto untuk Desa Cijujung adalah menjadikan desa yang terkenal dan bisa menjadi contoh untuk desa-desa lain.

error

Sharing informasi ini.