13/04/2021

Tidak Hanya Pelengkap Makanan, Kunyit Juga Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

metrokota.net – Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tinggi batang mencapai 40 cm-100 cm. Daun kunyit terdiri dari pelepah daun, gagang daun dan helaian daun dengan panjang helai antara 30-60 cm, lebar antara 10-18 cm.

Bunga kunyit berbentuk kerucut runcing berwarna putih atau kuning muda dengan pangkal berwarna putih. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Kulit rimpang berwarna kecoklatan dan bagian dalamnya berwarna kuning tua, kuning jingga, atau kuning jingga kemerahan sampai kecoklatan.

lihat juga : Mengenal Jeruk Varietas Proksi 1 Agrihorti, Gabungan Antara Jeruk Siem Dan Keprok

Kunyit dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang memiliki cita rasa dan warna khas. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, masyarakat kerap memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan dan di setiap daerah bermacam-maam cara pengolahannya.

Di Indonesia, khususnya daerah Jawa, tanaman kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu yang berkhasiat menyejukkan, mengeringkan, menghilangkan gatal dan menyembuhkan kesemutan. Ramuan kunyit yang dicampur dengan asam Tamarind dikenal manjur untuk meredakan nyeri haid (dismenorea).

Salah satu produk hasil penelitian Balittro

Di daerah Jawa, rimpang kunyit juga diakui sejak dahulu kala untuk perawatan kecantikan kulit, baik digunakan sebagai perawatan luar maupun dari dalam (dikonsumsi sebagai minuman segar).

Kurkumin (diferuloylmethane) adalah pigmen kuning dalam kunyit yang banyak digunakan sebagai bumbu, pewarna makanan (kari) dan pengawet. Kurkumin menunjukkan berbagai efek farmakologis yang sudah banyak dilaporkan secara ilmiah dalam hasil-hasil penelitian. Beberapa manfaat farmakologis kandungan kurkumin pada kunyit yang sudah terbukti secara ilmiah adalah sebagai berikut:

Aktivitas Antioksidan, Antiinflamasi, Antivirus, Antibakteri, Diabetes, Radang Rendi, Penyakit Alzheimer, dan penyakit kronis lainnya.

Rimpang kunyit juga memiliki aktivitas sebagai imunomodulator dan antivirus, berpotensi sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penangkal wabah pandemi virus mematikan.

Sumber berita dan foto : Edisi khusus
(http://balittro.litbang.pertanian.go.id)

error

Sharing informasi ini.