Tugu Kujang Mini Berdiri Di Lanud ATS

Bogor, metro kota news
Kalian masyarakat Bogor pasti mengenal Tugu Kujang yang hanya berada di Jalan Padjadjaran saja bukan? Ternyata di Atang Sendjaja juga terdapat tugu kujang mini lebih tepatnya di depan tugu helicopter.

Kota Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki lambang khas yang bernama Tugu Kujang, yang berada beberapa meter dari pintu masuk kota Bogor.

Sebuah tugu yang sangat megah dan jaya dengan Moto “ Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seuja Ayeuna Sampeureun” juga yang berarti “ Apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnya”.

Di atas puncak tugu tersebut terlihat berdiri kokoh miniatur “Kujang”, yaitu nama sebuah senjata pusaka tradisional etnis Sunda yang konon di yakini memiliki keistimewaan dan kekuatan gaib, dan oleh masyarakat luas khususnya Jawa Barat dikenal sebagai Pusaka Prabu Siliwangi.

Pemasangan Kujang tersebut memiliki sejarah dengan Lanud Atang, karena proses pemasangannya menggunakan helikopter TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 8 Lanud Ats.

Skadron Udara 8 Lanud Ats.

Tugu kujang mini ini terletak di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, juga punya monumen berupa senjata khas Kerajaan Pajajaran pada masa lampau tersebut. Bertempat di pintu masuk kawasan Lanud Atang Sendjaja (ATS), Tugu Kujang berukuran mini itu dipasang.

Ada faktor sejarah yang melatarbelakangi pendiriannya. Pemasangan kujang yang dibangun pada 4 Mei 1982 silam itu, menggunakan helikopter TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 8 Lanud ATS.

Pembuatan Tugu Lanud ATS yang menyerupai Tugu Kujang tersebut juga menunjukkan bahwa Jawa Barat, khususnya Kota dan Kabupaten Bogor adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Lanud ATS.

Penataannya begitu asri dan indah, dengan paduan warna yang indah, memberikan kesan yang begitu mendalam, sehingga setiap mata yang memandangnya akan melahirkan keinginan

dan kerinduan untuk segera diwujudkan dalam bentuk foto untuk mengabadikan dalam kenangan pribadi.

pribadi.
Kehadiran tugu Lanud Ats berdampingan dengan tugu helikopter, memberikan gambaran tentang tampilan baru wajah Lanud Ats yang dapat dirasakan ketika memasuki wilayah Lanud Atang Sendjaja.

Keberadaan tugu Lanud Ats dengan model yang begitu bagus, menggambarkan adanya kreatifitas seni yang tinggi dari Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos,

yang dijabarkan secara luar biasa oleh Kepala Dinas Logistik, Kolonel Tek Hendrison Syafril, S.T., beserta jajarannya dalam sebuah karya seni yang indah sehingga semakin memancarkan keindahan yang tentu saja akan mengundang decak kagum setiap orang yang melihatnya..

Dikutip dari ”Kehadiran Tugu Lanud ATS berdampingan dengan Tugu Helikopter, memberikan gambaran tentang tampilan baru yang dapat dirasakan ketika memasuki wilayah Lanud ATS” ujar Danlanud ATS Marsma TNI Irwan Is. Dunggio.

Ditambahkannya, keberadaan Tugu Lanud ATS dengan model yang begitu bagus, menggambarkan adanya kreativitas seni yang tinggi, yang dijabarkan Kepala Dinas Logistik Kolonel Tek Hendrison Syafril beserta jajarannya dalam sebuah karya seni yang indah.(ADD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.