Warga Cemaskan Kabel Listrik Tak Beraturan

Bogor, metro kota news
Kalian pasti tahu dan heran kalau di Indonesia masih banyak loh kabel tiang listrik yang semrawut dan merugikan banyak pihak.

Contohnya saja dipinggiran Ibu Kota sering sekali terjadi pemadaman listrik karena gangguan hewan, tersambar petir, dan pohon tumbang.

Rusaknya jaringan kabel listrik PLN akibat faktor alam sekilas tidak normal. Tetapi jika dilihat betapa jaringan kabel di negara ini amat semrawut, siapapun terpaksa menerima kenyataan pahit itu.

Persoalan terbesar tentu saja satu ini, kenapa sih kabel listrik sedemikian semrawut? Selain tidak enak dilihat, bahayanya sangat besar.

Dukutip dari Vice. Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan hal lain yang menyebabkan kabel tiang listrik semrawut adalah banyaknya kabel fiber optik dari provider internet yang memasang sembarangan.

“Tiang listrik di Indonesia memang sangat semrawut. Tapi perlu disadari, yang membuat terlihat berantakan lebih banyak kabel fiber optik dari provider internet yang memasang asal-asalan. Belum lagi kabel dari provider yang mungkin sudah tidak digunakan lagi, jadi kabel itu tetap nempel ke tiang listrik tapi sudah tidak ada fungsinya” ujar Febby.

provider internet yang memasang asal-asalan. Belum lagi kabel dari provider yang mungkin sudah tidak digunakan lagi, jadi kabel itu tetap nempel ke tiang listrik tapi sudah tidak ada fungsinya” ujar Febby.

Seperti masalah kabel yang menjuntai ke tanah. Pasti kalian sering sekali melihat hal ini. Mengapa sih kok PLN membiarkan hal ini terjadi? Menurut warga sekitar banyak sekali factor-faktor yang membuat alasan pihak PLN membiarkan menjuntai ke bawah.

“Saya sih tidak tahu ya mungkin karena structural tanah yang kurang bagus jadi tidak dibuat tiang. Lalu yang saya dengar memang PLN belum ambil langkah karena biaya yang besar untuk membenahi kabel-kabel ini” ujar Yatno warga yang sedang melintas.

Menurut warga lain memang hanya sesekali dari pihak PLN yang melihat kondisi di lapangan.

“Ya, walaupun itu gak langsung ke jalan raya, saya rasa tetap berbahaya, ya takutnya ada anak kecil yang tidak tahu itu kabel listrik dan terjadi hal yang tidak dinginkan, saya harap PLN segera membenahi kabel tersebut agar aman” ujar Netty warga setempat sekaligus menutup wawancara dengan tim jurnalistik metro kota news.(ADD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.