Wisatawan Kebun Raya Cibodas Turun hingga 80 persen Akibat Ketatnya PSBB

Bogor, metro kota news
Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta berimbas pada kunjungan wisatawan di Kebun Raya Cibodas. Penurunannya cukup terasa akhir pekan ini.

Diberlakukannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta membuat kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Cibodas di akhir pekan ini turun drastis. Bahkan penurunannya mencapai 70-80 persen.
General Manager PT Natura Jaya selaku pengelola Objek Wisata Kebun Raya Cibodas Teguh Dwiyanto, mengatakan untuk akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai 4.000-4.500 orang. Namun, hari ini pengunjung hanya mencapai 1.000 orang.

“Turun drastis, sekitar 70-80 persen. Dari data petugas kami kunjungan pertama hari ini hanya sekitar 1.000 orang,” ujar Teguh pada detikTravel, Sabtu kemarin (19/9/2020).

Menurutnya, faktor utama penurunan tingkat kunjungan karena adanya PSBB Jakarta. Akibatnya wisatawan Jakarta yang biasanya memadati destinasi di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas itu memilih diam di rumah.

Hanya ada beberapa orang yang dari Jakarta, selebihnya wisatawan lokal Jawa Barat asal Cianjur, Sukabumi, dan Bogor.

“Kebanyakan wisatawan ke Cibodas ijinkan dari Jakarta. Jadi begitu PSBB, tingkat kunjungan jauh menurun. Hanya wisatawan lokal, dengan jumlah yang tidak begitu banyak,” kata dia.

Meski mengalami penurunan, protokol kesehatan bagi pengunjung tetap diterapkan secara tegas, mulai dari penggunaan masker dan jaga jarak antar wisatawan.

“Di awal pun kami lakukan pengecekan suhu tubuh. Dengan begitu, meskipun wisata dibuka, tetap meminimalisir terjadinya penularan COVID-19,” ucapnya.
Meski mengalami penurunan, protokol kesehatan bagi pengunjung tetap diterapkan secara tegas, mulai dari penggunaan masker dan jaga jarak antar wisatawan.

“Tentunya saya juga berharap pandemi ini cepat berlalu sehingga kunjungan wisata kembali normal,” kata dia menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Sharing informasi ini.